Letter 1. Columbus.OH

Winter, February 2015, McGill University, Montreal, Quebec, Canada (Photo Doc)



Columbus, OH., 25 Okt 2009

Papa suamiku tercinta, serta anak2ku/minantu2ku,cucu2ku: uda/mela,abang/yola, uni/bagindo,Adam,thariq,bram,ainique,farha(mungkin sudah lahir) semuanya sangat mama cintai dan rindukan.Baiklah dengan ringkas mama ceritakan perjalanan mama, karena mama tidak kuasa menulis surat dengan kalimat yang tersusun dan panjang sebab air mata ini tidak bisa dibendung rindu/kangen berat pada keluarga. 

 1. Mama take off dari Jkt-Sngpr tgl 21 Okt itu pk.20.00. Sampai di Singapura 1 setengah jam sesudahnya ( pk.22.30 waktu Sngpr). Di airport mama n teman2 keliling jalan kaki, naik sky train, makan/minum, menikmati dg santai dan gembira Changi air port. 

 2. Pagi 22 Okt pk.06.30 dari Sngpr-Tokyo. Sampai di Narita Tokyo pk.13.30 wkt setempat. Terbang selama 7 jam. Disana transit cuma 1 jam. Bourding lagi, dan take off pk. 14.30 ke Washington.

 3. Selama 11 jam akhirnya sampai dikota Obama itu. Disitu pk 14.30 waktu setempat, masih tgl 22 Okt. Antri di imigrasi bandara itu minta ampuuun panjangnya. Pemeriksaan sangat ketat. Asal memenuhi peraturan dan kedisiplinan lancar dan selamat. Alhamdulillah mama dan 7 orang teman lancar, 2 orang teman (pria) tertahan selama 3 jam. 

Akhirnya lepas juga, tadinya teman2 itu dicurigai seperti orang yang akan mencari kerja disana. Disini sangat lama tapi tak apa, kalau perut lapar bagi mama bisa beli sandwich, teman2 mama lihat ya agak menderita jg perut mrk tdk biasa makan seperti itu. 

 4. Pk.18.00 boarding lagi. Pk.18.30 take off sampai di kota Columbus pk.19.30. Cuma 1 jam terbang dg pesawat kecil. Di air port kami disambut Sue Decow dg gembira. Oh leganya. Giatman, Darmansyah, Rijal Abdullah jg sudah menunggu 1 setengah jam yg lalu bersama Sue, tapi mrk yg bertiga itu sangat gelisah krn barang bagage mrk belum sampai. Kegelisahan mrk bisa teratasi setelah mama ceritakan peristiwa mama n papa yg serupa dg mrk di Italia. Sue mengurus dan meyakinkan barang mrk pasti tiba besok dan akan diantarkan petugas bandara ke rmh Sue. (kenyataan begitu).

 5. Setelah 1 jam dibandara kami diantar Sue Decow dg bus yg telah disiapkan ke apartemen kami. Mama, Fetriyeni,Faridah, Nurfarida,Nur Asma di 670 Everwood Avenue, Columbus, OH, 43214 . Masrun, Ramli, Rijal Abdullah, M Giatman,Afdal Pangeran,Edison di 676 Jasonway Avenue, Columbus, OH,43214 . Alnedral di 666 Everwood Avenue, Columbus, OH, 43214 gabung bersama mahasiswa dari UPI, UNNES,UNPAD. BPK.Dr.Darmansyah di 782 Brittingham Court, Columbus, OH,43214.

 6. Setelah diletakkan barang dan diperkenalkan apartemen yg 3 lantai( basement, ruang besar,ruang mesin cuci, bisa jg santai), lantai 1 ruang tamu, ruang makan, dapur,wc tamu, dan gudang. Lantai2 terdiri dari 2 kamar, 1 kmr 3 bad. Ruang kamar tidur 4x6. Kamar mandi dan kamar ganti pakaian. Semua ruangan dilengkapi dengan perabotan dan semua alat kebutuhan. Besar apartemen masing2nya 6x9 meter. Besar juga. 

 7. Setelah selesai memperkenalkan apartemen Sue meninggalkan kami dan dijemput oleh suaminya, kami disuruh pergi berbelanja untuk keperluan paling kurang 3 hari diantar sopir ke supermaket. Pulang dari supermaket dan sampai dirumah sudah pk.24.00. Beres2 akhirnya tidur sudah pk.03.00 tgl 23 Okt. Kata Sue hari ini mesti kuliah umum gabung semuanya pk. 09.30. Coba dibayangkan betapa mengantuknya dan letihnya mama bersama teman2, tapi wajib diikuti. Pergi kampus dg bus kota 2x sampai kampus. Pulangnya begitu juga. Kuliah sampai pk.12.00 dihari itu. Jadwal sudah dibagikan kuliah Senin- Jumat dg jadwal yang berbeda sesuai dg jurusan masing2. 

 8. Setelah selesai kuliah hari Jumat itu kami langsung pulang, makan dan tidur. Sore mama bangun, kemudian maraton sendiri, krn teman2 lagi tidur. Baru saja melewati beberapa petak apartemen tiba2 mama langsung ketemu tante Ilza. Rupanya tante Il dekat dengan mama masih di jalan yang sama di nomor 652. Masuk kerumah tante Ilza,makan nasi goreng,kemudian mama dan tante Ilza jalan kaki sambil maraton ke Big Market kira2 10 mnt dari apartemen kami.

 9. Sabtu 24 Okt libur kami pergunakan benar2 utk istirahat 10. Minggu 25 Okt badan sudah mulai segar kami bersama-sama juga mhsw UPI dan lainnya jalan kaki, berfoto sambil jalan ke big market untuk membeli kebutuhan bersama. Enak juga, rasanya kembali muda, krn terasa anak sekolahan. Begitulah papa, anak2/minantu2,cucu2, kisah perjalanan isterimu, mamamu,anduangmu, yang diceritakan baru selama 5 hari, nanti disambung lagi. Ini semua akan mama kirim besok via email dikampus, karena kemaren di wilayah apartemen kami bisa jaringan internet selama 1jam, waktu itu mama bisa buat face book, sekarang jaringan internet terganggu diwilayah kami ini.Kesan mama selama 5 hari:· Perjalanan yang panjang, melelahkan, tapi sangat mengasyikkan.· Alhamdulillah cita2 mama tercapai juga belajar di luar negeri, apalagi di Amerika, walaupun hanya untuk 3 bulan. 

Mama berdoa kepada Allah semoga anak2, minantu2, cucu2, keturunan kami melebihi mama dan papa dalam segala hal yang baik dan halal.· Kampus Ohio sangat besar, tenang, disiplin, memang sangat cocok bagi mahasiswa yang rajin, si pemalas pasti ketinggalan. Baru sehari mama perhatikan kami disiapkan untuk tiada hari tanpa belajar.· Baru saja kami sampai Prof. Sue Decow sudah menanamkan kedisiplinan, dan kemandirian kepada kami, seperti menyebutkan peraturan2 yang harus dipatuhi dikampus dan diluar kampus. 

Kami belanja tidak diantar, harus mandiri, dan selama 40 menit harus selesai. Belanja sebanyak itu tidak ada kasir disana, kita berhubungan cuma dg yang mesin yang serba canggih. Itulah pengalaman dimalam pertama kedatangan.· Anak2ku semua. Rasanya mama sangat beruntung karena sering dibawa papa ke-mana2, sehingga rasanya mama tidak merasa canggung menghadapi semua itu.· Tiada lain yang akan kita ucapkan bersyukur kpd Allah, dan tidak boleh merasa sombong dan takbur.Kembali ke Padang, Jakarta dan Bandung. 

Apa kabar semua? Papa, kita sama2 rindu pa. Adam anak mama yang paling ganteng bagaimana? Apa jadi pindah ke Jakarta? Adam, anak sayang mama, yang selalu di hati tak pernah lupa, rajin belajar dan beribadah ya. Thariq, Bram,Ainique, cucuku yang pintar, gagah, cantik dan lincah apa kabar? Terbayang selalu kelucuan kalian. Cium dari anduang mmmh. Farha apa sudah lahir? Ma doakan selamat dan sehat, juga uminya. Uda/mela, abang/yola, uni/bagindo, apa kabar? Mama selalu sayang kamu semua. 

Daah. Mama( Imnati Ilyas ) -- Dra. Imnati Ilyas, M.Pd, State University of Padang, Indonesia Cell. +62 812 674 52549 Fax/Telp. +62751 462 390 Email: imnatiilyas@gmail.com

Komentar